Jumat, 18 Maret 2011

contoh resensi

contoh resensi


KEHIDUPAN DI ROMAWI KUNO



I. Identitas Buku

Judul asli buku :100 things you should know about
Acienet Rome
Judul terjemahaan:100 pengetahuan tentang Romawi Kuno.
Pengarang :Fiona Macdonald
Penerjemah :Engelina A.Hapsarri,ST
Penerbit :Pakar raya
Cetakan ke :satu
Tahun terbit :2006
Tebal :42 +V halaman
Harga buku : Rp.35.000,-






II. Pendahuluan

Fiona Macdonald,dalam karya tulisnya yang berjudul”100 things you should know about Acienet Rome”yang kemudian diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia dengan judul “100 pengetahuan tentang Romawi Kuno”,menyumbangkan 100 point pengetahuannya tentang bagaimana kehidupan silam di masa Romawi Kuno dari mulai pusat kekaisaraan,hiburan,sekolah hingga hal –hal yang menakjubkan dimasan Romawi Kuno.
Buku terjemhaan yang dicetak pertama pada tahun 2006 oleh Pakar Raya ini menyajikan pengetahuan tentang Romawi Kuno yang disertai gambar menarik yang dapat menarik minat para pembaca.Dengan beberapa kelebihan dan kekurangan,lantas seberapa besar manfaat dan kepada siapa buku ini ditujukan ?
Untuk mengetahuinya marilah kita membacanya dengan seksama.







III. Sinopsis

KEHIDUPAN DI ROMAWI KUNO





1. Pusat kekaisaaran Romawi terletak pada sebuah kota yang berdiri pada tahun 1000 SM yang bernama
Roma.Kota Roma
berada dipusatItalia.

2. Lebih dari sejuta orang mendiami kota Roma dari mulai para bangsawan,kesatria dan para Plebeian (orang biasa).

3. Forum menjadi daerah pusat pemerintahan sebagai tempat pertemuan para pebisnis Romawi.


4. Roma dilindungi dengan dinding batu sepanjang 50 km yang terdiri dari 37 gerbang yang dijaga oleh para prajurit debgab sangat ketat.

5. Para insinyur hebat dibidang perairan ada di Romawi.mereka menciptakan Akuaduk sebagai saluran air dari sungai di perbukitan menuju kota Roma.


6. Drainase (pengatus ) sangat penting untuk menjaga kesehatan para penduduk salah satu yang terbesar adalah “ Cloaca Maxima “.

7. Selain maju di bidang perairan, Romawi juga menjadi penemu rumah susun pertama di dunia.


8. Orang –orang kaya Romawi memilih meninggalkan Roma pada saat musim panas, untuk menghindari suasana Roma yang kotor & sesak.
9. Rumah-rumah warga memiliki kolam yang berfungsi sebagai dekorasi.
10. Lantai rumah orang-orang kaya selalu hangat karena dilengkapi dengan tungku pemenas dibawahnya.

11. 7000 orang budak dijadikan pasukan pemadam kebakaran yang sering terjadi di rumah orang-orang miskin.


12. Roma memiliki pusat perbelanjaan pertama di dunia, yang disebut sebagai Pasar Trajan , yang dibangun di lereng Bukit Quirinal.

13. Seperti kebanyakan orang di dunia orang Romawi suka melakukan proses tawar menawar dalam berbelanja.


14. Banyak toko & kios pasar ditutup pada siang hari , sehingga orang yang ingin berbelanja harus berangkat di pagi buta.

15. Bagsa Romawi Hanya mengutamakan makan malam & Pada saat sarapan &makan siang mereka hanya makan roti dan keju ataupun buah-buahan.


16. Para orang kaya memiliki dapur dan seorang juru masak, sedangkan orang-orang biasa pergi ke “popinae “ ( rumah makan murah ) untuk makanan utama.

17. Bangsa Romawi sering mengadakan pesta saat makan malam sambil berbaring diatas dipan.


18. Sekolah di Romawi mengajarkan para anak lelaki yang berusia tujuh tahun untuk bisa membaca, berpidato dan matematika.

19. Anak perempuan tidak bersekolah, melainkan belajar memasak, membersihkan rumah.


20. Diantara para budak ada banyak guru yang berprestasi. Mereka pun dibeli oleh orang kaya,untuk mengajari anak-anaknya.



21. Bangsa Romawi menulis diatas papan yang dilapisi dengan lilin, dan menulis dengan irisan bambu dan menghapus dengan mertakan permukaan lilin.


22. Tinta hitam Romawi terbuat dari jelaga ( hasil pembakaran kayu ) dan getah dari kulit pohon. Hasil tulisannya dapat bertahan hingga 2000 tahun.

23. Romawi memiliki banyak perpustakaan yang terdiri dari 2 jenis, yaitu perpustakaan umum dan perpustakaan keluarga.


24. Orang Romawi membaca sambil berdiri agar lebih mudah untuk mrnggulung papirus dengn panjang terpendek 10 meter.

25. Menurut Romawi sebuah keluarga harus dipimpin oleh seorang laki-laki yang paling tua ( Pater Familias). Ia berhak untuk menghukum anggota keluarganya yang bersalah.


26. Bagi orang Romawi keluarga adalah semua orang yang tinggal dan berkerja sama dalam satu rumah dan tidak memiliki hubungan darah.

27. Di Romawi anak laki-laki sangatlah berharga, karena ialah yang akan membawa nama baik keluarga dan melanjutkannya.


28. Pada usia anak perempuan sudah menikah dan pada usia 15 tahun kebanyakan dari mereka telah menjadi Ibu dan kehilangan masa kanak-kanaknya.

29. Hampir seluruh keluarga di Romawi memiliki hewan peliharan seperti: anjing, rusa, kucing dan merpati.


30. Kebanyakan pakaian orang Romawi dibuat tanpa jahitan.Kain berwarna ungu sangatlah mahal.

31. Pakaian orang Romawi menunjukan seberapa penting orang tersebut.Orang-orang kaya biasanya menggunakan pakaian-pakaian mahal dibandingkan rakyat biasa.


32. Selain itu pakaian dapat menunjukan asal, ras dan budaya seseorang.

33. Penduduk memakai alas kaki yang sesuai dengan pekerjaannya seperti: bot, socci, carbuti, hal dan creprdal.


34. Wanita-wanita kaya selalu mengubah gaya rambut mereka sesuai dengan mode.Para budak dilarang memanjangkan rambutnya.

35. Orang-orang Romawi umumnya kulit halus dan pucat, sehingga banyak orang kaya yang melukis wajahnya.


36. Rambut pirang bagi bangsa Roma sangatlah berharga, oleh karena itu menghandalkan berbagai cara untuk mengubah warna rambut mereka.

37. Pada zaman Romawi mencukur merupakan hal yang menyakitkan karena peralatan yang digunakan setajam seperti peralatan sekarang.


38. Orang Romawi senang berbau harum , mereka menggunakan minyak zaitun sebagai penghalus dan pembersih kulit selain itu mreka juga mendatangkan bahan lainnya dari luar Romawi.


39. Sisir sangatlah penting bagi orang Romawi. Sisir orang Romawi terbuat dari tulang, kayu, ataupun gading.


40. Di pemandian orang Romawi bukan hanya untuk mandi, disana mereka juga dapat berolahraga,seperti gulat dan olah tubuh. Selain itu disana terjadi proses jual beli.

41. Pria dan wanita Romawi tidak diizinkan utuk mandi bersama,walaupun mereka adalah suami istri.


42. Mandi tidaklah sederhana, ada lima tahapan mandi ala orang Romawi.

43. Bangsa Romawi menyukai seni, utamanya seni musik dantari. Hamper setiap keluarga di Romawi memiliki alat musik seperti pipa, seruling, simbal, sdan tropet.

44. Bangsa Romawi lebih menyukai hal-hal yang lucu, muli dari komedi, badut, dan pantomin, karena bagi mereka itu membuat mereka bahagia.

45. Sandiwara awaknya merupakan bagian dari festival keagamaan, namun lama keolamaan, sandiwara mwnjadi bagian dari politik.

46. Teater adalah bangunan raksasa yang dibangun dengan baik, salah satu yang terbesar adalah Orange di Prancis.

47. Para aktor menggunakan topeng agar memudahkan para penonton untuk mengetahui perasaan para tokoh.

48. Selain hiburan , orang Romawi juga menyukai permainan keterampilan dan adu keberuntungan, seperti permainan dadu.

49. Orang Romawi mengagumi kekuatan, keberanian dan keterampilan para gladiator. Namun hidup sebagai gladiator sangatlah sengsara.

50. Sebagian besar gladiator adalah tawana perang atau penjahat yang dijual kepada pelatih petarung, namun sebagian besar dari mereka tidak ingin bertarung.

51. Selain melawan sesama manusia , para gladiator juga melawan hewan buas seperti singa yang didatangkan dari afrika selatan.

52. Cosseum / Flavian Amphitheartre adalah salah satu areal gladiator yang mengagumkan pada tahun 80 M dan dapat menampung 5000 orang.

53. Selain gladiator, pacuan kuda (sirkus) juga merupakan favorit bangsa Romawi, yang paling dikenal ialah “Circus Maximum”.

54. Kereta –kereta sering bertabrakan dan jungkir balik, oleh karena itu mereka dilengkapi senjata pisau tajam / flax untuk melepaskan diri.

55. Beberapa tim sering membuat kerusuhan pada saat sirkus itu berlangsung.

56. Dahulu Romawi dipimpin oleh seorang raja,namun karena kebanyakan dari raja tidak ada. Romawi diubah menjadi republik dan sampai 400 tahun,setiap tahun rakyat Romawi memiliki 2 konsul (ahli hokum) sebagai pemimpin.

57. Seorang Jenderal yang bernama Julius Caesar mendeklarasikan dirinya sebagai pemimpin seumur hidup pada tahun 47 SM,tapi akhirnya Julius Caesal dibunuh oleh musuhnya pada tahun 44 SM.

58. Oktafianus adalah seorang Jenderal Tentara yang mengambil alih kekuasaan Romawi.Oktafianus juga menghentikan perang saudara dan menegakkan hokum yang keras sehingga Romawi kembali sejahtera.

59. Seluruh bangsa Romawi dari yang miskin dan yang kaya harus patuh terhadap hokum yang ada.Pengadilan pun didirikan, untuk menegakkan keadilan.

60. Pasukan Tentara Romawi sangat diperhatikan,bahkan mereka juga akan mendapatkan pensiunan.Namun ada satu syarat,yaitu tidak boleh terbunuh.

61. Rakyat Romawi turut juga ambil bagian di ketentaraan Romawi di tambah juga dengan pasukan pendukung yang bukan rakyat.

62. Tentara Romawi di haruskan memiliki 3 senjata utama,yaitu: tombak,belali dan pedang.Mereka membeli sendiri.

63. Untuk dapat bertahan di medan perang,mereka harus memiliki beberapa keterampilan selain perang,yaitu: memasaka,membangun dan sebagai dokter.

64. Dengan beban berat barisan tentara berjalan kaki dengan cepat selama satu hari dengan menempuh jarak 30 Km.

65. Mitsar merupakan dewa yang dipuja oleh para tentara,bahkan pada benteng mereka membangun kuil untuk memujaNya.

66. Bangsa Altic, Jerman,Liberia, Dacia memiliki penduduk lebih dari 50 juta orang yang telah menjadi kekuasaanbangsaR omawi.

67. Hampir seluruh raja yang telah ditaklukkan tidak menolak hukum Romawi yang keras dan akhirnya raja itu meninggal.

68. Ratu Mesir yang cantik bernama Cleopatra adalah orang yang menyebabkan Mesir tidak dapat dikuasai karena terpikat oleh kecantikan dari sang ratu.Namun akhirnya Mesir dapat ditaklukan.

69. Setiap kemenangan Romawi ditandai dengan pembangunan Monumen,salah satunya tiang Trajan yang merupakan bukti dari penaklukan Romawi (Dacia).

70. Mayoritas penduduk di Romawi bermata pencaharian sebagai petani dan seluruh penduduk Romawi bergantung pada petani.

71. Masing-masing kekaisaran menyimpan hasil pertanian yang berbeda untuk mencukupi kebutuhan penduduk Romawi.

72. Para petani tidak menggunakan mesin melainkan dilakukan sendiri dan di bantu dengan tenaga hewan.

73. Tanaman anggur Romawi dililitkan di pepohonan sebagai penyangga.

74. Buah Zaitun adalah buah paling berharga di Romawi.Minyak Zaitun digunakan sebagai obat,memasak,pengawet makanan dan perawatan kulit.

75. Masyarakat Romawi terbagi atas beberapa kelompok,yaitu: sebagai budak dan orang merdeka yang apa yang mereka miliki sangatlah saling bertolak belakang.

76. Para budak dilatih untuk melakukan berbagai macam pekerjaan mulai dari pembantu rumah tangga hingga menjadi dokter.

77. Para budak diperoleh dengan beberapa cara seperti penangkapan,pembelian,ataupun para pejabat yang dihukum.

78. Tidak semua majikan itu jahat,ada beberapa majikan yang memerikan hadiah berupa kebasan.

79. Setelah bebas,banyak budak yang menjadi pengusaha dengan memanfaatkan keterampilannya yang mereka miliki dan sebagian kecil dari mereka menjadi kaya.

80. Selain maju di bidang pengolahan perairan ,Romawi juga maju dalam pembangunan dengan menemukan beberapa bahkan bangunan seperti beton murah, tanah liat,pntu skabah besar.

81. Akuaduk (saluran air) membawa 75 juta liter air bersih untuk kehidupan di kota Roma khususnya dirumah-rumah orang kaya.

82. Sistem persediaan air Romawi menjadi system perairan yang terbaik di dunia hingga tahun 1880-an.

83. Walaupun maju di bidang teknologi, masyarakat Romawi masih percaya bahwa penyakit disebabkan oleh ilmu sihir,mereka pun mengobatinya dengan sihir pula.

84. Ternyata dokter-dokter Romawi tidak kalah dengan dokter zaman sekarang,mereka terampil dalam menjahit luka,menyambung tulang dan mengolah tanaman sebagai obat.

85. Masyarakat Romawi memiliki kepercayaan dengan adanya banyak dewa yang berbeda seperti Jupiter,Merkurius,Neptunus,Pluto dan lain sebagainya,dengan masing-masing kekuasaannya.

86. Selain sebagai pemimpin di pemerintahaan Kaisar juga berperan sebagai pendeta dan diberi nama khusus”Pontifex Maximum” (Kepala pembangun jalan antara manusia dengan dewa).

87. Setiap hari seluruh keluarga mempersembahkan anggur dan kemenyan kepada paradewa di tempat pemuja.

88. Masyarakat Romawi mempercayai adanya takhayul.Selain itu mereka juga pervaya bahwa burung,serangga dan cuaca dapat digunakan sebagai pertanda.

89. Orang Romawi sering meminta untuk mengutuk seseorang dengan membuat pesan pada lempengan logam dan menaruhnya dikuil.

90. Pada tahun 313 M agama Kristen dilarang oleh kekaisaran kemudian orang-orang membangun katakomba sebagai tempat pertemuan dan pemakaman rahasia.

91. Banyak jalan yang dibangun dan berpusat di kota Roma sepanjang 85000 Km , itu bertujuan untuk mempercepat para penjabat saat melintasinya.

92. Jalan utama, pertama dibangun di Romawi pada tahun 312 SM, dari Roma hingga Brundisiun di pesisir Italia.

93. Dengan Struktur yang kuat beberapa jalan yang dibangun oleh Romawi dapat betahan hingga 2000 tahun silam.

94. Para insinyur Romawi menggunakan peralatan untuk membantu mereka membuat pengukur yang tepat untuk proyek-proyek besar.

95. Kemanapun orang miskin pergi mereka harus berjalan kaki, namun terkadang mereka menumpangi kereta perkebunanyang lambat dan tidak nyaman.

96. Lain halnya dengan orang miskin, para bangsawan selalu ditandu dengan tempat tidur bertirai kemanapun mereka pergi.

97. Barang-barang besar dan berat diangkut dengan kapal layar melalui laut, dengan berbagai ancaman, seperti bajak laut ataupun tenggelam.

98. Bukti-bukti peninggalan Romawi, yaitu bangunan, karya seni, uang, perhiasan dan peralatan yang merupakan satu-satunya sumber pengetahuan mengenai kehidupan di masa Romawi Kuno.

99. Gaya-gaya bangunan Romawi terus abadi dengan dibangunnya bangunan-bangunan bergaya khas Romawi di dunia.

100. Selain gaya bangunan, nama-nama Romawi juga masih ada sampai saat ini, seperti Amanda, Diana, Laura, Antony, Marcus, Vincent, Martin, dan lain-lain.




IV. Penutup.


Buku 100 Pengetahuan Tentang Romawi Kuno adalah buku terjemahan oleh Fiona Mackdonald. Buku ini akan membawa pembaca pada sebuah pejalana yang menarik, pada salah satu peradaban yang paling menakjubkan yang prnah ada! Dimulai dengan gambaran yang indah di pusat kota, pembaca kemudian akan dibawa menuju kehidupan sehari-hari bangsa Romawi . Melalui gambar- gambar menarik pembaca bukan hanya dapat berandai-andai dan berhayal, bagaimana gambaran Kota Roma dan manusia Romawi. Selain itu melalui gambar akan minat para pembaca karena tidak menjenuhkan, serata dengan bahasa yang komunikatif memudahkan para pembaca untuk dapat menelaah isi buku.

Meski bahasa yang digunakan sudah baik, namun masih ada beberapa kekurangan seperti, kata-kata yang kurang efektif, yaitu pada point ke- 90 yakni “ Beberapa orang-orang “ dan kesalah pencetakan atau penulisan halaman pada daftar isi, dimana pada daftar isi tercantum bahwa pusat kekaisaran berada pada halaman 3, padahal pusat kekaisaran ada pada halaman 6.

Untuk menarik minat para pembaca, khususnya buku ini dilengkapi dengan kuis dan tekateki. Secara keseluruhan isi buku ini dibagi atas 100 point yang dimulai dengan pokok pikiran yang terkandung di dalamnya, kemudian dijelaskan secara terperinci. Berdasarkan hasil penelaahan kami, buku ini cocok untuk dikonsumsi oleh berbagai kalangan baik itu siswa, guru, pengusaha ataupun ibu rumah tangga, itu karena buku ini bersifat universal dan tidak terpaku pada satu kalangan, sehingga dapat dijadikan pegangan atau refrebsi untuk menamdah wawasan khususnya mengenai kehidupan dimasa Romawi Kuno.

Dan untuk memudahkan pembaca untuk menemukan informasi penting, buku ini delengkapi dengan index dan daftar isi.

0 komentar:

Posting Komentar