Jumat, 18 Maret 2011

makanan sehat

Info kesehatan


F. Makanan Sehat

adalah makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Makanan sehat itu mengandung gizi yang seimbang, yaitu makanan yang sarat gizi dan baik dikonsumsi oleh tubuh.
 Tujuan memakan makanan sehat bagi tubuh kita adalah untuk menjaga agar badan kita tetap sehat, tumbuh, dan berkembang secara baik. Makanan sehat dan bergizi seimbang bukan berarti makanan yang mahal dan enak.
Namun, makanan sehat adalah makanan yang mengandung nilai gizi dan diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu, makanlah makanan yang bergizi agar secara teratur.
Makanan sehat akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan tubuh. Jika makanan yang dikonsumsi cukup mengandung gizi yang diperlukan oleh tubuh, maka pertumbuhan badan dan otaknya juga menjadi lancar. Namun, apabila makanan yang dikonsumsi kurang mendapat asupan gizi maka pertumbuhan tubuh anak menjadi lambat dan selain itu anak mudah terserang penyakit.
Agar tubuh berkembang secara normal, Anda sebaiknya tidak makan berlebihan. Memakan makanan yang berlebihan bisa mengakibatkan tubuh gemuk. Tubuh yang terlalu gemuk menjadikan Anda kurang lincah dalam bergerak. Disamping itu, tubuh yang gemuk itu juga tidak baik bagi kesehatan. Misalnya, aliran darah kurang bekerja secara optimal, napas menjadi sesak, dan jantung bekerja lebih berat.
Jadi, makanan yang baik bagi pertumbuhan tubuh adalah makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Apakah arti dari makanan sehat? Makanan yang sehat yaitu makanan yang mengandung gizi yang cukup dan diperlukan oleh tubuh. Makanan sehat menurut ahli gizi mengandung empat macam makanan, yaitu: makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah. Mari kita telusuri masing-masing makanan!
 Makanan Pokok
Makanan pokok banyak mengandung karbohidrat (zat tepung). Misalnyal nasi, jagung, roti, singkong, dan sagu. Karbohidrat sangat diperlukan oleh tubuh sebagai sumber tenaga. Dari sumber tenaga ini, kita bisa melakukan segala aktivitas atau kegiatan. Jadi, agar tubuh bertenaga maka setiap hari kita harus makan karbohidrat yang cukup yang bisa diambil dari nasi, roti, jagung, singkong, maupun sagu.
 Lauk Pauk
Lauk pauk banyak mengandung protein dan lemak yang digunakan untuk membangun tubuh dan mengganti sel-sel yang rusak. Contoh yang termasuk dalam lauk pauk adalah daging, ikan, ayam, telur, tempe, tahu, dan lain-lain.
 Sayur dan Buah
Sayur dan buah banyak mengandung vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral ini dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tubuh dan tidak mudah terserang penyakit.
Contoh sayur adalah bayam, kangkung, wortel, dan lain-lain.
Sementara buah banyak sekali macamnya, misalnya: mangga, heruk, pepaya, dan pisang. Untuk itu, setiap hari kita perlu makan sayur dan buah yang cukup.
Dengan demikian, agar tubuh kita tetap sehat kita perlu mengkonsumsi keempat jenis makanan tersebut setiap hari. Jangan lupa menambahkan susu pada makanan sehat Anda. Empat jenis makanan dan ditambah susu inilah yang disebut dengan makanan sehat atau biasa dikenal dengan “empat sehat lima sempurna”.

0 komentar:

Posting Komentar